Thursday, August 4, 2011

hardisk ssd vs sata III


Quote Originally Posted by GIMPfree View Post
@tridentcore
jadi, perbedaan yg mencolok adalah di seek time nya ya bro..oke lah kita berkesimpulan bahwa HDD terhalang oleh spindle nya..

bahkan WD Veloci 600GB yg katanya HDD tercepat di dunia (saat ini) masih dibawah sodara sepabriknya (WD SiliconEdge Blue) dalam hal seek time

saat ini harga SSD masih teramat mahal.. coba kita melirik USB flashdisk yg sama-sama ngga ada spindle nya.kira2 gimana kalo flashdisk di RAID 0. flashdisk dalam RAID saya belum pernah dengar juga.. apa bro tridentcore ada info?
Utk masalah UFD sendiri saya juga berpikir seperti bro GIMPfree dari dulu.. kenapa UFD yg notabene sebangsa dgn SSD tapi transfer rate-nya jauh lebih rendah.

Logika saya sih begini... "ada performa ada harga", jadi maksud saya disini adalah kualitas chip flash NAND yg dipakai utk produk UFD jelas beda kualitasnya dgn SSD. Makanya harganya bisa murah-meriah, meskipun ada produk UFD tertentu yg menawarkan kecepatan lebih tetap saja harganya menjulang tinggi tapi masih lebih cepat SSD.

Quote Originally Posted by andy_ayajiw View Post
Dari tadi bahas ssd vs sata 3, nah ini yg ada lage yg janggal dipikiran ane...,kalo sata3 dgn raptor mana lbh kencang ya.......,kalo sata 3 hanya 7200rpm dgn transfer rate 6gb/s , n kalo raptor sudah 10000 n 15000rpm ,kira2 mana yang lebih kencang ya???
karena HDD performanya terbatas di putaran spindle HDD jadi jelas aja kecepatan rpm menentukan performanya, namun efeknya adalah panas dan konsumsi watt yg lebih tinggi. VelociRaptor aja ampe butuh HeatSink yg menyelimuti seluruh casingnya tuh...

http://forum.chip.co.id/f20-storage-optical-devices/157672-ask-hardisk-ssd-vs-sata-iii-3.html