Friday, July 22, 2011

Loopback Detection - Fitur Apakah ini ??

Apakah anda pernah mengalami kejadian seperti gambar dibawah ini :



Kondisi ini biasanya disebabkan oleh 2 hal :

1. Ada karyawan yang membawa sendiri unmanaged switch dan menghubungkannya ke jaringan dan secara sengaja/tidak sengaja, karyawan tsb membuat loop di switch tsb dengan menghubungkan port 1 dan port 2 misalnya.

2. Dibutuhkan tambahan port dilokasi yang sama (misal ada penambahan PC) dan IT Dept, memasang unmanaged swicth dilokasi tsb. Secara tidak sengaja karyawan pada lokasi tsb membuat loop dengan menghubungkan port 1 dan port 2 misalnya.

Bila itu terjadi maka jaringan akan kolaps, karena adanya looping terus menerus. Yang jadi pertanyaan "Bagaimana mencegah hal ini ?". Deployment jaringan pada umumnya mengenal adanya STP (Spanning Tree Protocol) yang pada intinya untuk mencegah network loop. Namun bagaimana bila yang terjadi spt kondisi diatas dimana ada switch yang tidak STP-aware?

D-Link memberikan solusi yaitu LoopBack Detection v4.0, ini pengembangan dari LBD 2.0 dimana LBD 2.0 menggunakan BPDU packet utk mendeteksi adanya loop, kelemahan dari LBD 2.0 adalah membutuhkan switch yang STP-aware. LBD 2.0 jelas tidak cocok untuk masalah diatas.

LBD 4.0 tidak menggunakan BPDU packet untuk mendeteksi adanya loop namun menggunakan ECTP (Ethernet Configuration Test Protocol) untuk mendeteksi adanya loop dan ini STP independent, dalam arti, tidak membutuhkan STP dan cocok untuk kondisi diatas.

Fitur LBD 4.0 tersedia pada D-Link xStack Managed Switch Series (DES-3500 Series, DES-3800 Series, DGS-3400 Series dan DGS-3600 Series).

Saya akan memberikan contoh setting-nya, kembali ke gambar diatas, saya menggunakan DES-3828 untuk Managed Switch-nya dan DES-1008D untuk dumb switch. Saya hubungkan port 1 pada DES-3828 ke port 1 pada DES-1008D.

Lalu pada DES-3828, saya set spt dibawah :

1. Enable loopback detection



2. Aktifkan loopback detection pada port 1-12 (pada contoh ini saya hanya mengaktifkan port 1-12 saja)



3. Verifikasi apakah LBD sudah aktif atau belum



4. Cek status Loop



Lalu pada DES-1008D, hubungkan port 2 dengan port 3 menggunakan sebuah kabel ethernet untuk membuat loop, maka DES-3828 akan mendeteksi adanya loop di port 1 :



Otomatis bila ada loop pada port-port dimana LBD 4.0 di-enable maka port itu akan di-disabled dalam recover time yang sudah ditentukan (dalam contoh recovery time : 60 detik) :



Bila state Disabled maka otomatis Connection diset Link Down.

Dengan menggunakan fitur LBD 4.0 maka masalah looping seperti yang dijelaskan diatas dapat dicegah. Penjelasan saya diatas adalah LBD 4.0 untuk port-based, LBD 4.0 mempunyai satu mode lagi yaitu vlan-based. Saya akan jelaskan di-posting berikutnya :-)